Sabtu, 25 November 2023

15 Cara Mudah Meningkatkan SEO Anda Secara Instan

Anda di sini karena Anda ingin tahu cara mendapatkan peringkat lebih tinggi di mesin pencari. Untuk mendapatkan peringkat yang lebih baik, Anda perlu memahami beberapa faktor peringkat yang berbeda.

Anda akan paling sering mendengar dari berbagai pakar SEO bahwa sulit untuk menentukan peringkat situs Anda. Memang benar dan Anda perlu memahami beberapa faktor penting. Selain itu, Google merilis pembaruan berbeda setiap tahun yang memengaruhi peringkat.

Tidak ada yang benar-benar tahu berapa banyak faktor peringkat yang diperlukan untuk  menentukan peringkat situs Anda lebih tinggi . Namun, ada dua faktor umum yang menjadi kekuatan pendorong di balik penelusuran organik saat ini. Salah satunya adalah konten dan yang lainnya adalah backlink.

Pakar SEO telah memeringkat berbagai situs menggunakan konten dan tautan balik selama bertahun-tahun.

Ini adalah dasar dari pembuatan backlink seo dan masih sampai sekarang. Namun ada faktor penting lainnya yang akan kami bahas hari ini yang akan membantu Anda meningkatkan serps dengan lebih mudah.

Bagaimana cara mendapatkan peringkat lebih tinggi di Mesin Pencari?

1. Konten Berkualitas

Konten adalah faktor terpenting untuk menentukan peringkat situs web Anda . Saat pengguna mencari sesuatu, Google mencoba menyediakan halaman yang paling berguna dan relevan bagi pengguna.

Dalam beberapa tahun terakhir, seluruh fokus Google adalah memahami topik, konten, dan maksud pencarian.

Google berusaha memberikan hasil terbaik yang memenuhi permintaan pengguna. Ini hanya mungkin jika Google memahami konten di halaman tersebut.

Kini mesin pencari tidak hanya fokus pada backlink tetapi juga kualitas konten pada halaman situs.

Mesin pencari saat ini sangat cerdas. Mereka tidak melihat kata kunci tertentu tetapi  maksud pengguna di balik pencarian tersebut . Mereka memahami bahwa beberapa frasa penelusuran memiliki maksud yang sama.

Anda tidak perlu menulis artikel berbeda untuk mencakup setiap kata kunci. Anda dapat mencakup kata kunci yang berbeda hanya dalam satu artikel. Misalnya, Google akan menganggap “SEO” dan “Search Engine Optimization” sama.

Jika Anda ingin naik peringkat SEO, Anda perlu menulis konten berkualitas. Google tidak berkompromi pada kualitas konten dan Anda juga tidak boleh berkompromi.

2. Penggunaan Kata Kunci

Jadi bagaimana Google mengetahui relevansi konten? Kata kunci dalam konten Anda menunjukkan relevansi dengan Google. Untuk mahir SEO, Anda harus memahami cara bermain kata kunci.

Kata kunci memainkan peran penting dalam peringkat. Anda harus memilih beberapa kata kunci yang sesuai dengan konten Anda dan menggunakannya dengan cara yang sesuai dan organik. Gunakan kata kunci tertentu 2 hingga 3 kali dalam konten halaman karena Anda ingin menunjukkan relevansinya dengan Google.

Hati-hati,  jangan berlebihan menggunakan kata kunci . Jika Anda mengulangi satu kata kunci beberapa kali pada satu halaman, ini mungkin terlihat seperti isian kata kunci. Hal ini dapat mengakibatkan penurunan peringkat.

3. Riset Kata Kunci

kata kunci-penelitian-seo

Riset Kata Kunci bukanlah pekerjaan yang sulit seperti yang dipikirkan kebanyakan orang. Riset kata kunci membantu Anda menemukan pertanyaan apa yang dicari orang untuk menjawab pertanyaan atau masalah mereka.

Jika Anda ingin  menentukan peringkat situs Anda lebih cepat , Anda harus memilih kata kunci dengan bijak. Pilih kata-kata yang mengandung volume pencarian tinggi tetapi persaingan rendah. Untuk situs baru, yang terbaik adalah melihat kata-kata persaingan rendah.

Kata Kunci Ekor Panjang: Jika Anda ingin menargetkan kata kunci persaingan rendah, gunakan kata kunci ekor panjang. Kata kunci ekor panjang  sangat mudah untuk diberi peringkat. Kata kunci ini berisi 4+ kata seperti “tablet terbaik untuk dibeli pada tahun 2019″.

Alat penelitian kata kunci: Ada berbagai alat penelitian kata kunci yang tersedia di internet. Anda harus mulai dengan alat gratis untuk mendapatkan pengalaman langsung. Jika Anda sudah terbiasa, beralihlah ke alat penelitian kata kunci tingkat lanjut. Saya pribadi merekomendasikan  LSIGraph  dan  AHrefs

Perencana Kata Kunci Google juga merupakan pilihan yang bagus. Ini memberikan informasi akurat tentang kata kunci yang berbeda. Anda dapat memeriksa rentang volume pencarian dan kesulitan persaingan dengan alat ini. Informasi ini sangat penting untuk diketahui dan dimanfaatkan.

4. Waktu Tinggal atau Rasio Pentalan

Waktu tinggal menentukan waktu yang dihabiskan pengunjung di situs web Anda. Faktor ini sangat membantu peringkat Anda terutama jika mereka tetap berada di situs web untuk jangka waktu yang lama.

Jadi bagaimana Anda meningkatkan waktu yang dihabiskan pengunjung di halaman Anda? Ini cukup mudah. Anda harus membuat konten yang menarik untuk audiens pilihan Anda.

Sekali lagi faktor ini berkaitan dengan konten. Tambahkan gambar yang mengesankan, bagan yang menarik, dan konten informatif. Semua hal ini dapat menghalangi pengunjung untuk menekan tombol kembali dan kembali ke Google. Google memperhatikan hal ini dan ini berkontribusi pada kesehatan pembuatan tautan seo Anda.

Jika pengunjung langsung datang dan pergi, maka akan meningkatkan rasio pentalan website Anda. Jadi, alih-alih mendapat peringkat lebih tinggi, peringkat Anda akan turun atau terjebak di halaman gelap Google.

5. Tautan Balik

Pentingnya backlink berkualitas tidak dapat disangkal. Semua situs peringkat teratas di Google berisi  backlink otoritatif. 

Anda dapat menganggapnya sebagai salah satu faktor penentu utama SEO. Semakin banyak  backlink BERKUALITAS , akan membantu Anda mencapai peringkat lebih tinggi di mesin pencari.

Tautan balik tidak selalu meningkatkan SEO Anda. Alih-alih diuntungkan, Anda justru bisa mendapat penalti yang berujung pada turunnya peringkat. Bagaimana?

Jika Anda membuat backlink dengan menggunakan cara yang tidak wajar, ini tidak akan membantu Anda sama sekali. Google tidak lagi menoleransi taktik blackhat. Jika Google mengetahui Anda menggunakan taktik topi hitam, Google akan menghapus situs web Anda dan menghukum Anda atau mengabaikan tautan tersebut sepenuhnya.

Mari kita ambil contoh untuk memahami bagaimana backlink dapat memengaruhi peringkat Anda.

Jika Anda memiliki toko pizza lokal dan menerima ribuan backlink dari satu situs Rusia atau Cina, itu cukup samar. Google cukup pintar untuk mengetahui ada sesuatu yang salah dan akan segera memperhatikannya. Anda dapat menolak tautan ini melalui konsol Pencarian Google tetapi hati-hati menggunakan alat ini.

Saat ini, Google mencari  backlink otoritas  daripada hanya menghitung link. Jadi, Anda harus fokus pada backlink berkualitas dan mendapatkan link dari berbagai situs otoritatif. Ini akan membantu pertumbuhan dan branding Anda.

6. Optimasi Teks Jangkar

optimasi teks jangkar

Apa itu teks tautan? Ini adalah teks yang dapat diklik atau yang dikenal sebagai hyperlink tetapi dengan kata kunci yang relevan. Anchor text penting dalam semua aspek  SEO On Site dan Off Site

Ingatlah bahwa teks jangkar harus relevan dengan konten yang Anda tulis dan ke mana arahnya. Ini kembali ke relevansi dan bagaimana Anda harus memanfaatkannya.

Teks jangkar sangat penting  karena memaksimalkan nilai tautan balik Anda. Daripada menggunakan kata kunci tertentu dalam teks jangkar, gunakan:

Frasa yang berhubungan dengan topik
Nama merek Anda
URL telanjang
Memiliki terlalu banyak tautan dengan jangkar yang sama yang mengarah ke Anda terlihat tidak wajar dan merupakan hal lain yang mudah diperhatikan oleh Google. Campurkan!

7. Pengalaman Pengguna

Pengalaman pengguna yang positif adalah faktor lain yang harus kita diskusikan. Anda harus menyertakan media dan informasi dalam konten Anda yang berkontribusi terhadap pengalaman pengguna yang positif.

Berikut adalah beberapa faktor umum yang harus Anda pertimbangkan untuk SEO dan Konten:

Kecepatan Pemuatan Halaman:  Pastikan kecepatan pemuatan situs web Anda kurang dari 3 detik. Jika tidak, data menunjukkan 40% pengunjung akan meninggalkan situs Anda bahkan sebelum situs dimuat. Astaga.
Keramahan Seluler:  Situs web Anda harus responsif. Jika pengunjung membuka website Anda di ponsel, mereka seharusnya mendapatkan pengalaman pengguna yang sama seperti laptop atau PC. Hal ini bahkan menjadi lebih penting sejak  Google memulai Mobile-First .
Sertifikat SSL/TLS:  Google dan pengunjung sama-sama lebih menyukai situs yang aman. Jadi peringkat situs HTTPS lebih tinggi dibandingkan dengan situs HTTP. Ini membantu mencegah peretas dan penyusup jahat mencuri data pengunjung Anda dan data Anda seperti login, detail pembayaran, dll.
Struktur Tautan Internal:  Anda harus  mengoptimalkan struktur tautan internal  situs web Anda. Ini membantu pengunjung menavigasi situs web Anda dan menemukan apa yang mereka cari, tetapi juga membantu perayap seperti Googlebot memahami struktur situs Anda dan apa yang ingin Anda capai.
 
8. Sinyal Sosial

Sinyal sosial adalah faktor peringkat yang sangat baik . Ada dua hal penting yang harus Anda lakukan dengan sinyal sosial:

Anda dapat menggunakan bagian suka, berbagi, dan komentar pada postingan blog Anda. Google menentukan popularitas konten melalui sinyal ini.

Google mengukur kegunaan konten dengan memeriksa pembagian konten Anda di berbagai situs media sosial. Lebih banyak konten yang dibagikan adalah sinyal positif dalam SEO dan membantu mencapai merek Anda.

9. URL yang Mudah Dirayapi untuk Mesin Pencari

Google merayapi URL Anda untuk mengunjungi halaman web Anda. Google akan merayapi laman Anda sepenuhnya dan membuat indeks web untuk laman yang dirayapi. Jika URL Anda dioptimalkan, Google menganggap ini positif.

10. Selidiki SERP

Jika Anda ingin  peringkat situs Anda di bagian atas Google , Anda perlu memahami hal ini. Ini sangat mudah dan mudah dimengerti.

Pilih kata kunci yang ingin Anda rangking situs Anda. Ketik di Google dan cari. Jelas, Google akan menampilkan hasil yang relevan untuk kata kunci tersebut.

Sekarang Anda memeriksa hasil teratas. Bandingkan konten mereka dengan konten Anda. Apakah ada informasi yang hilang? Cobalah untuk memberikan informasi itu di konten Anda. Ini akan membantu menentukan peringkat kata yang Anda targetkan.

11. Deskripsi Meta

Deskripsi meta penting dalam SEO. Anda harus menggunakan beberapa kata kunci penting dalam deskripsi Meta Anda untuk rasio klik-tayang yang lebih baik. Deskripsi Meta bukanlah sesuatu yang digunakan Google untuk menentukan peringkat, tetapi akan meningkatkan kemungkinan pengunjung mengklik halaman Anda. Yang jelas bermanfaat.

Ini memainkan peran penting untuk meningkatkan  RKPT . Tulis deskripsi meta relevan yang bagus tentang halaman Anda. Google menyukai deskripsi yang berisi sekitar 150 karakter.

12. Optimalkan Faktor Kecepatan untuk Peringkat Lebih Tinggi



Kecepatan adalah faktor penyebab utama saat mendaki mesin pencari. Google memperkirakan situs Anda memerlukan waktu paling lama 3 detik untuk dimuat. Lebih lama dari itu dan peringkat Anda akan menurun, tidak peduli seberapa bagus SEO Anda.

Ada berbagai alat yang tersedia yang membantu Anda memeriksa kecepatan halaman web Anda. Periksa juga kecepatan Anda untuk PC dan ponsel cerdas. Jika kecepatan memuat kurang dari tiga detik, itu bagus. Jika tidak, optimalkan situs Anda.

13. Pencarian Suara

Pencarian suara belum menjadi faktor populer untuk menentukan peringkat situs. Namun, pertumbuhan penelusuran suara semakin meningkat dan Anda harus menyadari hal ini saat membuat konten di masa mendatang.

Perbedaan utama antara kedua jenis penelusuran ini adalah penelusuran suara terdengar lebih alami. Jadi akan ada pendekatan berbeda saat meneliti kata kunci untuk pencarian suara.

14. Meningkatkan Rasio Klik-tayang (RKT)

CTR adalah rasio antara jumlah total tayangan (views) yang muncul dalam pencarian dengan jumlah klik yang diterima.

Anda dapat meningkatkan CTR dengan menambahkan judul dan deskripsi Meta yang sesuai . Selain itu, gunakan tag Meta yang tepat di bagian header halaman Anda sehingga mesin pencari dapat memiliki waktu yang lebih baik dalam mencari tahu di mana Anda akan diberi peringkat dan untuk apa Anda diberi peringkat.

15. Ukur Hasil SEO

Ingatlah bahwa Anda tidak akan mendapatkan hasil dalam semalam. Anda tidak perlu memeriksa perbaikan situs Anda setiap hari, meskipun kebanyakan orang melakukannya.  SEO adalah proses yang membutuhkan waktu . Diperlukan waktu berbulan-bulan untuk mulai memberi peringkat pada situs Anda. Namun lambat dan mantap memenangkan perlombaan. Ini juga berlaku untuk SEO.

Namun, kami menyarankan menggunakan  Google Analytics  untuk mendapatkan laporan lalu lintas situs web Anda. Jangan khawatir jika Anda melihat perubahan kecil pada lalu lintas Anda. Ini normal. Lalu lintas sangat berfluktuasi.

Fluktuasi adalah hal yang normal dalam SEO. Setelah beberapa hari atau minggu, Anda akan mendapatkan gambaran tentang tampilan lalu lintas Anda. Jika lalu lintas Anda turun 30% atau lebih maka Anda harus mulai mendiagnosis masalahnya. Alat seperti AHrefs dapat membantu dalam hal ini bahkan menolak tautan spam ke situs Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar